AYAH DAN IBU ADALAH TUHAN YANG NYATA

Banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ada 2 orang yang paling sulit dibalas jasa-jasanya. Mereka adalah Ayah dan Ibu kita. Merekalah yang pertama kali menunjukkan dunia kepada kita. Mereka lah yang pertama kali memeluk kita, mencium kita dan menyayangi kita. Rasa sayang mereka yang dilimpahkan kepada kita tiada terkira. Rasa cintanya melebihi apapun, termasuk dirinya sendiri. Mereka selalu berusaha untuk mencukupi semua kebutuhan kita, memfasilitasi hidup kita dan berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk masa depan kita.

Begitulah orang tua, walaupun ada sebagian orang tua yang tidak peduli dengan hidup kita. Namun, jika kita memiliki orang tua seperti itu, kita harus selalu menghormati dan menyayangi mereka setulus hati. Mungkin itu adalah buah kamma buruk dikehidupan masa lalu kita sehingga kita mempunyai orang tua dengan karakter seperti itu.

Dalam Manggala Sutta ( Syair tentang Berkah Utama ) disebutkan bahwa menghormat ayah dan ibu, itulah berkah utama. Dari syair tersebut alangkah baiknya jika kita selalu menghormati mereka, menyayangi mereka, seperti rasa cinta dan sayangnya yang diberikan kepada kita.

Sewaktu kita kecil, dengan sabarnya mereka mengajari kita mengucapkan sesuatu, dengan sabarnya mereka membimbing kita untuk berlatih berjalan. Dengan penuh kasih sayang mereka menyuapi kita, memandikan kita, dan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik buat kita.

Sekarang, disaat usia kita sudah mulai beranjak dewasa, sudah sepatutnya kita berusaha untuk menggantikan posisi mereka dalam bekerja. Menyediakan makanan untuk mereka, mencucikan baju-baju mereka, menghormati mereka layaknya Sang Guru agung. Pumpung orang tua kita masih ada. Masih memiliki nafas untuk menikmati hidup di lingkaran samsara ini.

Bagiku, Ayah dan Ibuku adalah sosok TUHAN yang nyata.

Sumber: http://m.facebook.com/note.php?note_id=402130123182058&m_sess=sozZOfAg-z-M7Rxjn
Share:

Paling di suka

Di Buka

Daftar Isi

Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Powered by Blogger.

Recent Posts