Bukti Penemuan Situs Buddhis

oleh Bodhi Leaf pada 11 Oktober 2012 pukul 15:57 ·

Oleh B. MADHU GOPAL, The Hindu,

BLNews, 11 October 2012


>> Asisten Direktur Arkeologi dan Museum Vijayawada dan FAC untuk Visakhapatnam, K. Chittibabu, menunjukkan sebuah waduk kecil ditemukan di bagian bukit di Gudiwada di Bhogapuram mandal pada bantaran sungai Gosthani di distrik Vizianagaram. Foto: C.V Subrahmanyam

Situs terletak di desa Gudiwada, Bhogapuram mandal di distrik Vizianagaram

Vizianagaram, India -- Departemen Arkeologi dan Museum telah menemukan
sejumlah bukti akan situs warisan Buddhis di desa Gudiwada, Bhogapuram mandal di distrik Vizianagaram.

Bukit tersebut, terletak di kanan bantaran sungai Gosthani, yang telah digali di kedua sisinya, dikikis hingga menjadi bukit yang lebih kecil.

Terdapat bukti-bukti seperti stupa bundar, dan sebuah waduk kecil seperti struktur yang dipahat dari batu, dan batu bata besar berukuran 52 cm x 27 cm and 7 cm ketebalannya, bagian-bagian perangkat merah dan tembikar yang didekorasi juga ditemukan pada tingkat yang berbeda pada bukit tersebut.

Kuil

Sekitar setengah dari bagian atas bukit telah diratakan dan dua struktur seperti kuil dibangung, mungkin pada setengah abad yang lalu oleh para penduduk desa.

Dua kuil tersebut memiliki bagian platform namun tidak terdapat patung di sana.

Terdapat banyak bagian kayu tersimpan di kuil dan hingga hari ini para penduduk desa menyembahyangi bagian kayu tersebut. Latihan ini pastinya adalah sebuah cabang dari tradisi Buddhis.

“Stupa yang pendek dan berukuran kecil, dan tidak terdapat pahatan mengindikasikan bahwa kuil tersebut dikonstruksi saat fase awal dari Buddhisme, contohnya, fase Theravada, "Asisten Direktur Arkeologi dan Museum dari Vijayawada dan Visakhapatnam (FAC) K. Chittibabu mengatakan kepada Hindu  di situs tersebut pada hari Senin.

Stupa mungkin pernah digunakan untuk kepentingan religius. Terbuat dari batuan kapur, ditemukan dengan beberapa batu bata, mengindikasikan jejak Buddhisme Hinayana seperti yang ditemukan di situs Thotlakonda dan Bhavikonda. Terdapat bukti-bukti adanya sekam yang digunakanuntuk membakar batu bata.

Para bhikku Buddhis pasti memilih situs ini di mana sungai Gostani mengalir dan akhirnya bermuara di laut yang jaraknya beberapa kilometer dari Bheemunipatnam. Sungai tersebut merupakan sumber air minum yang segar disamping itu juga menyediakan rute navigasi untuk perdagangan laut dengan daerah-daerah lainnya di dunia.

Pada bagian kaki bukit, sebuah patung batu yang kuno Ganesha dengan belalai yang mengarah ke kiri, yang mengindikasikan bahwa patung tersebut datang dari Odisha, sebuah patung Nandi kuno, sebuah patung "Naga Bandham" dan sebuah Siva Lingam telah ditemukan.

‘Pentingnya Perlindungan

“Perlindungan dari situs adalah hal yang penting. Namun, ini hanya dapat terwujud setelah pemerintah mendeklarasikan temuan itu sebagai monumen yang dilindungi. Proses pencobaan penggalian pada situs tersebut akan membutuhkan biaya sekitar Rs. 1 lakh dan untuk keseluruhan ekskavasi membutuhkan Rs. 3 lakh hingga Rs. 4 lakh dan durasi 1 tahum," tambah Chittibabu.

Sumber: buddhistchannel.tv
Share:

Paling di suka

Di Buka

Daftar Isi

Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Powered by Blogger.

Recent Posts