Apakah yang anda yakini sudah benar?

Dahulukala ada seorang raja yang mengalami kerepotan dengan para menterinya. Mereka terlalu banyak banyak berbantah sehingga tak satupun keputusan dapat diambil. Para menteri itu
mengikuti tradisi kuno, mereka masing masing menyatakan bahwa hanya dirinyalah yang paling benar dan yang lain salah. Meskipun demikian, ketika sang raja yang penuh kuasa menggelar festival umum, mereka semua sepakat untuk cuti bersama.
Berbagai hiburan luar biasa digelar dalam festival itu, namun yng menarik dalam festival itu sang raja mengundang 7 orang buta yang telah diketahui buta sejak lahir. Ditengah arena kerumunan orang banyak dan para menterinya sang raja menutun gajah kerajaan di ikuti ke-7 orang buta tersebut.
Sang raja meraih tangan orang buta tersebut untuk memegang yang namannya gajah. yang belum pernah diketahui orang ke 7 orang buta tersebut.
orang buta pertama memegang belalai gajah tersebut.
orang buta kedua memegang gading, orang buta ketiga memegang telinga, orang keempat memegang kepala , kelima memegang badan, ke enam memegang keempat kaki, ketujuh memegang ekor.
Setelah itu sang raja kembali menanyakan kepada si buta pertama apakh gajah itu?
" Menurut pertimbangan dan pendapat yang ahli ini, saya yakin gajah sejenis ular pyton" kata orang buta pertama yang memegang belalai
" Sungguh omong kosong " seru orang buta ke 2 yang memegang gading." Saya tak pernah salah gajah itu keras seperti bajak petani".
" Jangan melucu kalian " cemooh orang buta ke 3 yang memegang telinga. "gajah itu seperti daun kipas yang besar "
" Kalian idiot, goblok dan tak berguna" tawa orang buta ke 4 yang memegang kepala " saya ini tak pernah salah Gajah itu sudah pasti sebuah gentong air besar.
"Mustahil, benar-benar mustahil " cibir orang buta ke 5 yang memegang badan ." Sudah jelas gajah adalah batu kerang yang mulus dan besar.
"Wah Parah kalian"teriak orang buta ke 6 yang memegang kaki."Gajah itu Pohon besar dan kekar"
"Dasar kalian orang-orang Picik" seru orang buta ke 7 yang memegang ekor "KUberitahu kalian yang sebenarnya ya, Gajah itu seperti pecut pengusir lalat".

"Sampah kalian itu, Gajah itu ular!tidak, Gajah itu bajak petani.?! goblok gajah itu gentong !? .......orang buta tersebut adu pendapat dan bertengkar demi integritas , prinsip dan kebenaran mereka masing.
Akhirnya terjadi pekelahian antara orang buta itu, para menteri mencoba melerainya. Ketika itu semua orang yeng melihat kejadian di arena itu terpaku terdiam dan Wajah para menteri memerah malu. semua yang hadir menangkap isyarat pesan yang ingin disampaikan sang raja.
di ambil Dari BUKU " SI Cacing dan Kotoran Kesayanganya"

{catatan ada beberapa kata yang tidk sama}

Kebanyakan orang hanya mengetahui kebenaran sebagian saja bila ini di pegang teguh sebagai kebenaran mutlak maka sama saja dengan orang buta dalam cerita diatas.
Realita menunjukan bahwa kejadian orang buta diatas seperti agama didunia memperdebatakan
tentang kebenaran yang dianggap benar masing2 agama.
Namun yang kita harus tahu adalah bukan menyalahkan agama yang tak sesuai keyakinan kita kemudian kita benci dan musuhi, tetapi bagaimana kita berusaha agar bisa "MELiHAT" .
Share:

Paling di suka

Di Buka

Daftar Isi

Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Powered by Blogger.

Recent Posts