Dendrobium macrophyllum

 Dendrobium macrophyllum merupakan anggrek epifit dengan tinggi batang antara 15,6-20 cm. Tanaman anggrek ini memiliki pertumbuhan batang yang padat dengan tipe batang semu. Bentuk batang yaitu unguiculate, berwarna hijau terang dan tidak mempunyai lekukan pada batang dewasa. Selain itu tanaman ini tidak memiliki batang yang tumbuh menggantung.
        
Daun berbentuk lanset dengan  ujung daun runcing. Helaian daun  memiliki upih daun membalut batang. Warna permukaan atas daun hijau terang. Warna tepi daun yang masih muda hijau. Tekstur permukaan daun keriput dan daun membentuk simetri. Titik tumbuh daun di bagian ujung batang dan berstuktur tipis. Panjang daun antara 13,5-17,1 cm, sedangkan lebarnya 4,2-5,9 cm.
 Bunga berwarna hijau muda dengan corak polos dan labelum berwarna hijau muda dengan corak bergaris melintang berwarna cokelat. Tipe sepal yaitu lanset dan petal yaitu lanset dengan ujung membulat. Bunga bertandan dengan titik tumbuh bunga di ujung batang dan berbau harum.Ukuran panjang bunga 4,2 cm, lebar 3,9 cm, panjang tandan dan rangkaian bunga antara 12,5-20,6 cm.
Share:

Paling di suka

Di Buka

Daftar Isi

Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Powered by Blogger.

Recent Posts